HIV / AIDS (Tugas 3)

Posted: November 16, 2012 in Tak Berkategori

Jika mendengar kata HIV / AIDS apakah yang terpikir di benak kita? Penyakit yang mematikan, menular, dan berbahaya. Ya memang benar penyakit HIV / AIDS memang sangat berbahaya, mari kita pelajari apa sebenarnya HIV / AIDS itu agar kita dapat terhindar dari HIV / AIDS.
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak bisa bertahan terhadap penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita.Bila sistem kekebalan tubuh kita sudah rusak atau lemah,maka kita akan terserang oleh berbagai penyakit yang ada di sekitar kita seperti TBC, diare, sakit kulit, dll. Kumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh kita itulah yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Jadi bisa di simpulkan dari definisi di atas perbedaan antara HIV dengan AIDS, HIV adalah virus yang menyerang tubuh kita, sedangkan AIDS adalah penyakit – penyakit yang di timbulkan apabila kita terkena virus HIV.

Virus HIV dapat menular memalui berbagai macam cara, anatara lain melalui hubungan seks, penggunaan jarum suntik secara bersamaan atau bergantian dengan orang yang terinfeksi virus HIV, melalui kontak darah/luka dan transfusi darah yang sudah tercemar virus HIV, dan dari ibu yang terinfeksi HIV kepada bayi yang dikandungnya. Kasus yang paling sering terjadi adalah virus HIV yang menular melalui hubungan seks dan penggunaan jarum suntik secara bersamaan. Orang yang sering berganti – ganti pasangan dalam hubungan seks apalagi tidak memakai pengaman dapat terjangkit virus HIV, begitu pula dengan orang yang memakai jarum suntik secara bersamaan apabila ada orang yang terinfeksi virus HIV dan kita memakai jarum suntik bekas orang tersebut maka kita akan tertular virus HIV. Oleh karena itu lebih baik hindari perbuatan – perbuatan yang dapat menyebabkan menularnya virus HIV tersebut agar tidak tertular virus HIV. Apabila seseorang sudah terinfeksi virus HIV maka orang tersebut akan kehilangan kekebalan tubuhnya dan akan mudah sekali terserang berbagai macam penyakit, pada waktu sistem kekebalan sudah dalam keadaan parah maka akan mulai menampakkan gejala-gejala AIDS.

Sebagai contoh apabila seseorang sudah terkena AIDS biasanya mengalami demam berkepanjangan lebih dari tiga bulan, atau diare kronis lebih dari satu bulan berulang maupun terus menerus, dan penurunan berat badan lebih dari 10% dalam tiga bulan, bila kita menemukan tanda – tanda tersebut pada orang di sekitar kita, sebaiknya segera di lakukan penanganan lebih lanjut. Orang yang terinfeksi virus HIV / AIDS biasanya akan mengalami degradasi mental atau penurunan mental, di sini lah peran orang di sekitarnya berperan penting, kita boleh menjauhi virusnya tapi jangan men jauhi orangnya karena orang yang terinfeksi virus HIV / AIDS justru butuh motivasi lebih agar dapat terus menjalani kehidupan dengan normal.

Nama : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM : 14110757
Kelas : 3KA25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s