Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++

Posted: Oktober 26, 2012 in Tak Berkategori

Sekilas tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.
Berikut merupakan kodingannya :

1.    Garis Vertikal

Image

/* OpenGL animation code goes here */
 glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);               [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);               [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]

 glPushMatrix ();                               [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]    
 glClearColor(1,1,1,0);                              [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //                              [ Untuk menentukan warna garis/titik ]

 glBegin(GL_LINES);                              [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
 glVertex3f(0,0,-0.0);                               [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.0,130.0,0.0);                           [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////

 glEnd ();                                   [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
 glPopMatrix ();                               [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

 SwapBuffers (hDC);              [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
 Sleep (1);
 }
 }
    
Maka Output Programnya adalah :

Image    

Logika :
pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.

2.    Garis Horizontal

Image

 

/* OpenGL animation code goes here */
 glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.9f, 0.9f);              [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);             [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]

 glPushMatrix ();                     [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 glClearColor(1,1,1,0);                     [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //                     [ Untuk menentukan warna garis/titik ]

 glBegin(GL_LINES);                     [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
 glVertex3f(0,0,-0.0);                     [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.9,0.0,0.0);                 [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////

 glEnd ();                         [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
 glPopMatrix ();                     [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

 SwapBuffers (hDC);                     [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
 Sleep (1);
 }
 }

Maka Output Programnya adalah :

Image

Logika :
pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.

3.    Garis Diagonal

Image

/* OpenGL animation code goes here */
 glClearColor (9.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);             [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);             [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]

 glPushMatrix ();                     [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 glClearColor(1,1,1,0);                     [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //     [ Untuk menentukan warna garis/titik ]

 glBegin(GL_LINES);     [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]    
 glVertex3f(0,0,-0.0);     [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.9,0.9,0.0);     [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////

 glEnd ();                             [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]                                      
glPopMatrix ();                     [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

 SwapBuffers (hDC);             [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
 Sleep (1);
 }
 }

Maka Output Programnya adalah :

Image

Logika :
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.

Nama             : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM              : 14110757
Kelas             : 3KA25
Dosen            : Lily Wulandari
Mata Kuliah    : Grafik Komputer Dan Pengolahan Citra

    

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s