Awas Penipu

Posted: Oktober 21, 2012 in Tak Berkategori

Pada suatu hari selepas kuliah saya berjalan – jalan di sebuah mall di bekasi dengan teman – teman, kami pada waktu itu menonton film di bioskop. Setelah selesai nonton film kami memutuskan untuk sholat di mesjid mall yang terletak di basemen, langsung saja kami menuju ke mesjid. Namun sebelum sampai mesjid ada seorang pria yang membagi – bagikan semacam brosur, namanya di bagikan ya saya ambi saja maksudnya Cuma ingin lihat – lihat saja. Ternyata sang pria yang membagikan brosur itu menghampiri saya, dan bilang katanya bila di brosur yang saya pegang ada nomor yang cocok dengan nomor yang telah di tentukan maka saya akan mendapatkan hadiah. Nomor itu tertutup oleh stiker, dan setelah di buka ternyata brosur yang saya pegang nomornya cocok. Sebenarnya di sini saya sudah curiga, masa tidak ada angin tidak hujan tiba – tiba saya bisa dapet hadiah secara gratis. Tetapi saya penasaran juga, alhasil saya mengikuti sang pria ini ke tokonya untuk mengambil hadiah yang di maksud.

Ini adalah brosur yang di bagikan oleh sang petugas itu

Image

Sesampainya saya di toko  saya langsung di sambut hangat oleh petugas toko yang ramah, dia langsung menjabat tangan saya, teman – teman saya yang lain pada saat itu menunggu saya tidak jauh dari toko tersebut. Setelah menunggu beberapa saat untuk menyiapkan kursi mulai lah perbincangan saya dengan sang petugas toko ini. Sang petugas berbicara katanya saya bisa mendapatkan hadiah tambahan dengan mengambil sebuah amplop tertutup, hadiahnya ada bermacam – macam, seperti laptop, tv lcd, home theater, dan lain lain. Namun bila saya  mendapatkan hadiah itu saya di haruskan membayar pajak hadiah 20% – 40% dari harga barang. Pikiran saya waktu itu ya dicoba saja lah, belum tentu juga kan saya dapet. Tetapi ada hal yang membuat kecurigaan saya bertambah, saya di haruskan mendepositkan uang dalam jumlah tertentu sebelum saya mengambil amplop untuk hadiah tambahan itu. Dalam hati saya “Waahh udah ga beres ni orang”. Langsung saja saya menolak untuk mendepositkan uang tersebut. Takutnya ini modus baru penipuan, dan benar saja ketika teman saya mencari informasi di internet tentang hal ini, ada di beberapa forum yang menyebutkan bahwa hal ini benar, ada sejumlah korban yang merasa di tipu oleh toko yang bersangkutan. Alhamdulillah saya tidak termasuk dalam korban toko ini. Untuk teman – teman semua hati – hati bila menemukan modus semacam ini, karena banyak sekali zaman sekarang modus penipuan yang beredar di masyarakat.

 

Nama  : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM   : 14110757
Kelas  : 3KA25

Tinggalkan Balasan

