Manfaat Daun Pepaya

Posted: Oktober 21, 2011 in Tak Berkategori

Kalian sudah pernah makan daun papaya gak? Itu lho, yang rasanya sangat pahit, jika dimakan tanpa nasi. Kemudian batang dan daun pada pepaya mengandung banyak getah putih, membuat semakin jelas bahwa daun pepaya itu pahit sekali.

Tapi, ternyata daun papaya itu mempunyai banyak manfaat lho. Mau tau, apa saja manfaatnya, yuuk langsung ke TKP :

1. Sebagai Obat Jerawat

Bagi sahabat blogger yang ngerasa nggak pede punya wajah berjerawat, terutama untuk kaum hawa yang selalu memperhatikan kecantikan. Nah, daun papaya inilah jawabannya untuk bisa mengobati jerawatnya, caranya dengan di olah menjadi masker.

Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun papaya yang sudah tua, jemur dan tumbuk sampe halus. Tambahkan 1 ½ sendok air, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah yang berjerawat.

2. Memperlancar Pencernaan

Daun dari tumbuhan papaya, ternyata punya kandungan kimia senyawa karpain. Zat tersebut bisa membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu pencernaan.

3. Menambah Nafsu Makan

Baru sadar, kalau daun papaya dapat membantu menambah nafsu makan. Dan, ini bermanfaat untuk anak-anak yang susah makan. Ambil daun papaya yang segar dengan ukuran sebesar telapak tangan, tambahin sedikit garam dan air hangat ½ cangkir. Lalu, di blender dan saring airnya, Nah, airnya itu yang bisa dimanfatkan untuk menambah nafsu makan.

4. Demam Berdarah

Daun papaya juga berguna untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Ambil 5 lembar daun, tambahkan ½ liter air, lalu direbus. Ambil air jika sudah tinggal 3/4 nya untuk diminum. Saya pun belum pernah membuktikkannya, jadi jika keadaanmu yang terjangkit demam berdarah masih belum membaik, monggo segera ke dokter yah,, anggap saja ini sebagai pertolongan pertama, hehe

5. Nyeri Haid

Perempuan Jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun papaya untuk ngobatin nyeri haid. Lalu, campur segelas air dan rebus deh. Sebelum diminum, dinginkan dahulu ramuan tersebut.

6. Anti Kanker

Untuk yang terakhir ini, masih belum pasti. Tapi dari beberapa penelitian bahwa daun papaya juga bisa dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan daunnya saja sih, tetapi batang papaya, juga bisa dipakai. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

Nah, itulah beberapa manfaat-manfaat daun papaya. Semoga ini bisa bermanfaat bagi semua yang mempunyai keluhan seperti diatas.

Nama : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM : 14110757
Kelas : 2KA25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s