ORGANISASI

Posted: Oktober 5, 2011 in Tak Berkategori

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda, organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup, Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
Sehinnga dapat di simpulkan bahwa Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Organisasi yang saya ikuti adalah :

1. Karang taruna
2. Komunitas IT

Pengaruh dalam kehidupan saya dari organisasi karang taruna yang saya ikuti banyak sekali, salah satu nya saya di kenal oleh warga sekitar tempat saya tinggal dan manfaat lainnya dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, mempunyai banyak teman, mempunyai pengalaman dalam hal berorganisasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karang taruna di sini mempunyai tugas dalam hal membantu lingkungan sekitar bila ada acara – acara, misalnya apabila lagi memperingati hari kemerdekaan Indonesia, karang taruna ini lah yang akan di jadikan panitia pelaksana oleh RW, lalu bila ada kerja bakti juga anak – anak karang taruna ini pasti akan di libatkan, jadi sangat bermanfaat sekali organisasi ini untuk lingkungan sekitar.

Sedangkan dari komunitas IT yang saya ikuti, pengaruhnya dalam kehidupan saya sehari hari, saya jadi banyak mengetahui ilmu – ilmu baru yang di sharing oleh sesama anggotanya, tentu juga menambah banyak teman sebab organisasi ini perkumpulan dari seluruh kota di Indonesia dan juga dari berbagai latar belakang suku dan pekerjaan, sangat menyenangkan sekali bisa bergabung di dalamnya, Komunitas IT ini tidak hanya membicarakan tentang IT saja bila sedang kumpul, tetapi berbagai hal lain pun di bicarakan, dan terkadang membuat acara – acara seperti jalan jalan bersama dengan mengajak anggota keluarga bagi yang sudah berkeluarga, kalau lagi bulan puasa di adakan buka puasa bersama dan halal bihalal sesama anggota, kami semua disini sudah seperti saudara, jadi sangat bermanfaat sekali organisasi ini untuk kehidupan saya.

Nama : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM : 14110757
Kelas : 2KA25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s