Dua Ancaman Merapi: Erupsi dan Banjir Lahar

Posted: November 6, 2010 in Tak Berkategori

Jakarta – Bagaimana keadaan Merapi saat ini? Tidak ada yang bisa menjawabnya secara pasti. Termasuk ahli vulkanologi seperti Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Namun Surono mengingatkan, ada dua hal yang mengancam warga sekitar Merapi saat ini. Dua ancaman itu adalah erupsi atau letusan dan banjir lahar.

“Kita tidak bisa memastikan kondisinya seperti apa, namun ada dua ancaman yang harus diwaspadai yaitu kemungkinan letusan dan banjir lahar,” kata Surono usai mengikuti rapat kabinet di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (1/11/2010).

Surono mengatakan, erupsi Merapi yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi sungguh berbahaya bagi manusia maupun hewan. Letusan akan menimbulkan awan panas yang bersuhu di atas 600 derajat Celcius.

Sementara itu banjir lahar juga mengancam karena saat ini adalah musim penghujan. “Musim hujan itu ada kebaikannya tapi ada juga keburukannya,” kata Surono.

“Hujan itu bisa menyapu abu sehingga tidak mengganggu pernafasan dan kesehatan manusia tapi keburukannya, jika hujan sangat lebat, dapat menimbulkan banjir lahar yang mengancam masyarakat yang beraktivitas di sungai-sungai yang berhulu di Merapi. Itu dampak sekunder dari Merapi,” kata Surono.

Surono mengatakan, selama berstatus awas, pihaknya akan terus memantau kondisi Merapi terkini kepada Pemda dan lembaga penanganan bencana. Semua hal akan dilaporkan selama 6 jam sekali.

“Agar dapat diketahui seluruh peristiwa di sana,” kata Surono.

Pendapat saya : Alam terkadang memang sulit di predeksi.

Solusi nya : Untuk para warga yang tinggal di sekitar merapi di mohon agar mendengarkan instruksi yang di berikan pemerintah agar tidak ada korban jiwa lagi.

Source :
http://www.detiknews.com/read/2010/11/01/180332/1481850/10/dua-ancaman-merapi-erupsi-dan-banjir-lahar

Nama : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM : 14110757
Kelas : 1KA31
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s