Artikel Yang Berhubungan Dengan ISD

Posted: September 29, 2010 in Tak Berkategori

Kemiskinan Bisa Lepas Jika Ekonomi RI Tumbuh 8%

Jakarta – Indonesia bisa terlepas dari kemiskinan jika pertumbuhan ekonomi mencapai 8 persen. Namun, pertumbuhan ini harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang memadai.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Mirza Adityaswara mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi sebanyak 6,2 persen saja, inflasi sudah mencapai 6,4 persen, melebihi perkiraan pemerintah di angka 6,3 persen.

“Selain itu impor naik terus, di bulan Juli saja sudah defisit antara ekspor dan impor,” katanya dalam seminar Bank Dunia di universitas Paramadina di Gedung Energy, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (28/9/2010).

Menurut Mirza, hal itu terjadi karena lambatnya pertumbuhan infrastruktur Indonesia saat ini. Ia menambahkan, saat ini ekonomi Asia sedang tumbuh dengan pesat.

Pemerintah seharusnya bisa menyambut hal ini dengan pertumbuhan infrastruktur yang memadai untuk menghindari shock karena suplai pendukungnya, yaitu infrastruktur, tidak tersedia.

“Kita mau mensejahterakan rakyat seperti yang kita mau, tapi masih ada problem untuk mencapainya. Baru tumbuh 6,2 persen saja di triwulan II, inflasi sudah naik dan ekspor-impor defisit,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang bisa dilakukan sekarang ini adalah mengencangkan ikat pinggang karena Indonesia belum bisa tumbuh sekencang negara-negara Asia lainnya. Namun, ke depannya pemerintah harus mencari untuk bisa mengatasi lambatnya pertumbuhan infrastruktur.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 2010 sebesar 6,3%. Sementara Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) baru saja menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2010 dari 5,5% menjadi 6,1%. Angka ini lebih baik dari capaian pertumbuhan ekonomi RI tahun 2009 yang sebesar 4,5%. ADB juga memperbaiki proyeksi pertumbuhan ekonomi RI di tahun 2011 dari semula 6% menjadi 6,3%.

Source :
http://www.detikfinance.com/read/2010/09/28/130158/1450318/4/kemiskinan-bisa-lepas-jika-ekonomi-ri-tumbuh-8

Nama : Muhammad Lucky Rokoto Dalimunthe
NPM : 14110757
Kelas : 1KA31
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s